Pengembangan Masyarakat

dan konservasi sumber daya alam

sejarah 

 

Pada awalnya PERDU bernama Lembaga Bantuan Pertanian (LBP) yang berdiri tanggal 27 Juli 1999 (Akta Notaris Priyo Handoko, S.H., Nomor 23).  Didirikan oleh sejumlah mahasiswa tingkat akhir Fakultas Pertanian UNCEN (sekarang UNIPA), fokus kegiatan LBP  berkontribusi pada upaya memecahkan masalah-masalah pertanian (dalam arti luas).   Seiring dinamika internal dan eksternal organisasi, tanggal 25 Juni 2001 pendiri LBP sepakat untuk merubah bentuk organisasi menjadi Yayasan PERDU.  Selanjutnya pada 9 Mei 2003 badan hukum PERDU berubah dari Yayasan ke Perkumpulan berbasis keanggotaan dan disahkan dengan Akta Notaris Priyo Handoko S.H., Nomor 11.  Perubahan akta kembali dilakukan tanggal 23 Juni 2022 (Akta Notaris Priyo Handoko S.H., Nomor 28) dan telah terdaftar di Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tanggal 13 Juli 2022 (SK Menkumham Nomor AHU-0006790.AH.01.07 Tahun 2022).   Saat ini PERDU memiliki 25 orang anggota (6 Perempuan dan 19 Laki-laki) terdiri dari 7 orang Unsur Masyarakat Adat, 4 orang Akademisi, 1 orang Wartawan dan Aktifis sebanyak 13 orang.  

Misi PERDU...

 

  1. Mengembangkan kesadaran kritis dan pengorganisasian masyarakat berbasis kearifan lokal untuk merespon ketidakadilan dan memperjuangkan kehidupan yang berkelanjutan

  2. mengembangkan tata kelola sumber penghidupan dan penguatan kapasitas agar masyarakat mampu berperanserta dalam pengambilan keputusan

  3. mengembangkan kapasitas aktivis, tata kelola lembaga dan jaringan kerja untuk meningkatkan kinerja PERDU dan organisasi komunitas

Nilai-Nilai PERDU...

 

Nilai-nilai yang dikembangkan PERDU sebagai landasan kerja, pembangkit semangat, pemberi inspirasi dan penuntun perilaku dalam mewujudkan visi dan misinya adalah

  1. Berpihak pada masyarakat yang terpinggirkan dan tertindas

  2. Kearifan lokal

  3. Kehidupan yang berkelanjutan

  4. Proaktif

  5. Profesional

  6. Tata Kelola Pengetahuan

  7. Kebersamaan

  8. Partisipasi

Farming company

 

Add the main advantages of your business that make it unique and the best. Add text why customers have to choose your products or services and what benefits they will get after the product is purchased. Write your own text, style it and press Done.